contoh laporan observasi administrasi pendidikan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003
dijelaskannbahwa:
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratisnsertanbertanggungnjawabn(2005:65-66).
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratisnsertanbertanggungnjawabn(2005:65-66).
Oleh karena itu, di dalam sebuah negara sangatlah penting untuk
mengembangkan sekolah sebagai tempat pendidika guna mencapai funsu dan tujuan
yang telah ditentukan di dalam Undang-undang Dasar.
Sekolah
Menengah Pertama merupakan sebuah sistem, tepatnya sebuah sistem pendidikan.
Sebagai sebuah sistem pendidikan, Sekolah Menengah Pertama memiliki program
kegiatan belajar. Pemerintah telah berusaha melakukan pembaharuan pada
kurikulum Sekolah Menengah Pertama, pembaharuan ini melahirkan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran. Program kegiatan tersebut harus direalisasikan agar
dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Dalam upaya merealisasikan KTSP yang telah dikembangkan oleh Pemerintah dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, maka Sekolah Menengah Pertama harus memiliki administrasi yang baik seperti kurikulum, keuangan, kepegawaian, kesiswaan, sarana dan prasarana Humas, BP/BK, 5K, perpustakaan, dan laboratorium.
Dalam upaya merealisasikan KTSP yang telah dikembangkan oleh Pemerintah dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, maka Sekolah Menengah Pertama harus memiliki administrasi yang baik seperti kurikulum, keuangan, kepegawaian, kesiswaan, sarana dan prasarana Humas, BP/BK, 5K, perpustakaan, dan laboratorium.
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka dapat dirancang rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana sejarah sekolah yang menjadi objek observasi dalam kegiatan ini?
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka dapat dirancang rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana sejarah sekolah yang menjadi objek observasi dalam kegiatan ini?
2. Bagaimana sistem kurikulumnya?
3. Apa saja yang dilaksanakan bidang kesiswaan di sekolah tersebut?
3. Apa saja yang dilaksanakan bidang kesiswaan di sekolah tersebut?
4. Bagaimana keadaan keuangannya?
5. Seperti apakah sistem kepegawaiannya?
5. Seperti apakah sistem kepegawaiannya?
6. Bagaimana keadaan sarana dan prasarana sekolah tersebut?
7. Apa saja menakisme kerja dalam
sekolah?
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan laporan ini antara lain:
1. Menjelaskan sejarah Sekolah Menengah Pertama yang menjadi objek pengobservasian dalam kegiatan ini
2. Menjelaskan sistem administrasi yang berada di sekolah tersebut seperti kurikulum, kesiseaan, keuangan, kepegawaian dan sarana dan prasarana
Tujuan penulisan laporan ini antara lain:
1. Menjelaskan sejarah Sekolah Menengah Pertama yang menjadi objek pengobservasian dalam kegiatan ini
2. Menjelaskan sistem administrasi yang berada di sekolah tersebut seperti kurikulum, kesiseaan, keuangan, kepegawaian dan sarana dan prasarana
3. menjelaskan bagaiman mekanisme kerja sekolah
BAB II
HASIL OBSERVASI
2.1 Profil Sekolah
Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Nurul Ikhlas merupakan sekolah yang didirikan oleh
Yayasan Nurul IKhlas Kedaung Pamulang Tangerang Selatan pada tahun 1997. Selain
SMP, yayasan tersebut juga mendirikan TK dan TPA. Hal ini dilakukan memang
adanya rasa keperhatian para pendiri yayasan terhadap pendidikan di Indonesia
khususnya di wilayah tersebut.
Adapun profil sekolah SMP Nurul Ikhlas adalah
sebagai berikut:
a. Nama Sekolah : SMP Nurul Ikhlas
b. Alamat : Jalan Swadaya I Kedaung Pamulanh Tangerang Selatan
c. NSS : 20603556
d. NPSN : 202280309013
e. Didirikan : Tahun 1997
f. Status Tanah dan: Milik Sendiri
Bangunan
g. Luas Tanah : 2015 m
h. Akreditasi : B
i. Telp : 021 - 7495167
Kelas-kelas di SMP Nurul Ikhlas ada tiga kelas untuk kelas VII, VIII dan IX.
a. Nama Sekolah : SMP Nurul Ikhlas
b. Alamat : Jalan Swadaya I Kedaung Pamulanh Tangerang Selatan
c. NSS : 20603556
d. NPSN : 202280309013
e. Didirikan : Tahun 1997
f. Status Tanah dan: Milik Sendiri
Bangunan
g. Luas Tanah : 2015 m
h. Akreditasi : B
i. Telp : 021 - 7495167
Kelas-kelas di SMP Nurul Ikhlas ada tiga kelas untuk kelas VII, VIII dan IX.
2.2 Kurikulum
Sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini di
Indonesia menegenai kurikulum yang dipakai adalah KTSP, kurikulum ini juga
dijadikan bahan ajar di SMP Nurul Ikhlas. Kurikulum sekolah membagi waktu
belajar menjadi dua dan tiga bagian waktu yang masing-masing disebut semester
satu dan semester dua. Jumalah hari belajar dalam saru tahun adalah 240 hari,
termasuk didalamnya waktu bagi penyelenggaraan penilaian kegiatan kemajuan dan
hasil belajar siswa. Jumalah hari belajar efektif dalam satu tahun ajaran
sekurang-kurangnya 204 hari, 1 jam pelajaran lamanya 40 menit. Jumlah mata
pelajaran yang wajib ada 10 beserta 2 mata pelajaran Muatan Lokal (MULOK).
Selain itu, eterdapat kegiatan pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler
yang juga dimasukkan dalam daftar kurukulum sekolah SMP Nurul Ikhlas. Untuk
lebih jelasnya, berikut penjabaran mata pelajaran di SMP Nurul IKhlas :
a.
Pendidikan
Agama Islam
b.
Pendidikan
Kewarganegaraan
c.
Bahasa
Indonesia
d.
Bahasa Inggris
e.
Ilmu
Pengetahuan Alam
f.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
g.
Seni Budaya
h.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
j.
BTQ (Baca
Tulis Qur’an) - MULOK
k.
BP (Budi
Pekerti) – MULOK
l.
Futsal, Voly,
Tenis Meja (Pengembangan Diri - Pilihan)
m.
Pramuka
(Ekstrakurikuler)
Dalam mengembangkan nilai IMTAQ yang menjadi visi dan misi SMP ini,
kurikulum juga memasukkan kegiatan rohani islam seperti shalat dhuha, tahlilan
dan yasinan sebagai ciri khas dari SMP Nurul Ikhlas yang dibina oleh kesiswaan.
URAIAN KEGIATAN
KURIKULUM
SMP Nurul Ikhlas Tahun
Pelajaran 2012/2013
No
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu
|
I
|
Semester
Ganjil
a.
Awal KBM
b.
MOS
c.
Liburan awal puasa
d.
Pesantren kilat
e.
Buka puasa bersama
f.
Libur sekitar Idul Fitri
g.
Mid semester ganjil
h.
LDK
i.
Ulangan semester ganjil
j.
Pembagian rapor
k.
Liburan semester ganjil
l.
Masuk belajar
|
16
Juli 2012
16
- 17 Juli 2012
20
- 25 Juli 2012
9
- 10 Agustus 2012
11
Agustus 2012
13
- 25 Agustus 2012
15
- 20 Oktober 2012
27
Oktober 2012
10
- 15 Desember 2012
22
Desember 2012
26
Desember 2012
7
Januari 2013
|
2
|
Semester
Genap
a.
Mid semester kelas VII – IX
b.
Pembagian rapor mid semester
c.
Try Out dan Ujian praktek kelas IX
d.
Ujian Nasional/Ujian Sekolah
e.
UN/US susulan
f.
Pengumuman kelulusan
g.
Pembagian STTB/SKHUN
h.
Ulangan semester kelas VII dan VIII
i.
Pembagian Rapor kenaikan kelas
j.
Libur semester genap
k.
Permulaan tahun ajaran 2013/2014
|
25
Maret 2013
Maret
2013
Maret
2013
April
– Mei 2013
April
– Mei 2013
Juni
2013
Juni
2013
10
Juni – 15 Juni 2013
22
Juni 2013
24
Juni – 13 Juli 2013
15
Juli 2013
|
2.3 Kesiswaan
Siswa yang belajar di SMP Nurul Ikhlas pada umumnya dari masyarakat bawah,
yang berlokasi di sekitar Ciputat, Kedaung dan Pamulang.
Adapun jumlah siswanya pada
tahun ini adalah sebagai berikut :
a.
kelas VII
bejumlah 6 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 1 perempuan
b.
kelasVIII
berjumalah 12 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan
c.
kelas IX
berjumlah 9 orang yang terdiri dari 8
laki-laki dan 1 perempuan
Kegiatan-kegiatan siswa yang
rutin dilaksanakan di SMP Nurul Ikhlas antara lain:
a.
OSIS
b.
Pramuka
c.
Sabtu Bersih
d.
Olahraga
(Futsal, Voly, dan Tenis Meja)
e.
Rohani Islam
(Shalat Dhuha, Shalat Zuhur berjamaah, Yasinan dan Tahlilan)
2.4 Keuangan
Semenjak tahun ajaran 2012/2013 pengelolaan keuangan
ditangani oleh Yayasan Nurul Ikhlas seperti masuknya anggaran bantuan dari
pemerintah (BOP, BOS, BSM dan lainnya) maupun dari donator-donatur. Hal ini
dikarenakan Yayasan menginginkan adanya keterbukaan dan transparansi pihak
sekolah kepada Yaysan agar tidak terjadinya kecurigaan Tetapi untuk pemasukan
keuangan lainnya yang berasal dari siswa seperi SPP, uang daftar ulang, uang
bangunan, maupun uang OSIS dikelola oleh bendahara sekolah. Untuk kepala
sekolah sendiri tetap mengetahui secara rinci mengenai keuangan setiap harinya.
Adapun
untuk lebih jelasnya mengenai pemasukan keuangan adalah sebagai berikut :
a.
PSB dan
Pendaftaran
b.
SPP
c.
Uang Ekskul
d.
Uang OSIS
e.
BOS
f.
BSM
g.
Redip
h.
Donator-
donator masyarakat
2.5 Kepegawaian
Guru/staf pengajar SMP Nurul Ikhlas sudah layak
mengajar, jumlah guru pada tahun pelajaran 2012/2013 adalah 13 guru dan 2
pegawai TU dan kebersihan. Untuk guru-gurunya hampir 90% sudah lulus sarjana
strata 1, sisanya masih dalam proses menyelesaikan kuliah sarjana di beberapa
universitas di sekitar daerah Ciputat. Jadi, secara keseluruhan jumlah pegawai
di SMP Nurul Ikhlas adalah 15 orang.
2.6
Sarana dan Prasarana
Sarana
dan Prasarana yang ada di SMP Nurul Ikhlas antara lain :
a. Lahan
SMP Nurul IKhlas dibangun di atas lahan seluas 20015 m dengan rincian :
Lahan terbangun seluas 417 m
1. Gedung A 260 m
a. Lahan
SMP Nurul IKhlas dibangun di atas lahan seluas 20015 m dengan rincian :
Lahan terbangun seluas 417 m
1. Gedung A 260 m
2) Gedung B 157 m
b. Bangunan :
1) Ruang kelas
Terdiri dari 3 ruangan dan kondisi setiap ruang kelas juga sangat baik. Setiap ruangan terdiri dari18 kursi dan 10 meja. Selain itu di setiap kelas juga terdapat meja dan kursi guru. Dalam ruang kelas tersebut terdapat juga papan tulis, jadwal pelajaran dan alat-alat kebersihan.
2) Perpustakaan
Perpustakaan yang dimiliki oleh SMP Nurul IKhlas ini masih dalam tahap perenovasian. Buku-buku yang ada masih disimpan diruang kantor dewan guru. Buku-buku rencananya akan dipindahkan setelah selesai pengrenovasian selesai.
3) Kantor guru
Kantor guru terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang dewan guru, dan ruang tamu. Dalam ruang tersebut terdapat lemari untuk menyimpan piala dan arsip-arsip pengadministrasian SMP Nurul Ikhlas.
4) Kamar mandi dan tempat wudhu
Kamar mandi ada 3 kamar mandi siswa dan 1 guru serta sangat bersih, karena setiap selesai istirahat dan sebelum pulang langsung dibersihkan oleh petugas. Di depan kamar mandi itu terdapat tempat untuk berwudhu.
5) Musholah
b. Bangunan :
1) Ruang kelas
Terdiri dari 3 ruangan dan kondisi setiap ruang kelas juga sangat baik. Setiap ruangan terdiri dari18 kursi dan 10 meja. Selain itu di setiap kelas juga terdapat meja dan kursi guru. Dalam ruang kelas tersebut terdapat juga papan tulis, jadwal pelajaran dan alat-alat kebersihan.
2) Perpustakaan
Perpustakaan yang dimiliki oleh SMP Nurul IKhlas ini masih dalam tahap perenovasian. Buku-buku yang ada masih disimpan diruang kantor dewan guru. Buku-buku rencananya akan dipindahkan setelah selesai pengrenovasian selesai.
3) Kantor guru
Kantor guru terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang dewan guru, dan ruang tamu. Dalam ruang tersebut terdapat lemari untuk menyimpan piala dan arsip-arsip pengadministrasian SMP Nurul Ikhlas.
4) Kamar mandi dan tempat wudhu
Kamar mandi ada 3 kamar mandi siswa dan 1 guru serta sangat bersih, karena setiap selesai istirahat dan sebelum pulang langsung dibersihkan oleh petugas. Di depan kamar mandi itu terdapat tempat untuk berwudhu.
5) Musholah
SMP Nurul Ikhlas
memiliki 1 musholah sendiri, biasanya musholah ini dipakai untuk sholat zuhur
dan dhuha serta yasinan pada hari-hari tertentu. Tapi untuk sholat zhuhur
berjamaah, sekolah mengadakannya di Masjid yang letaknya berdekatan dengan
sekolah. Hal itu diwajibkan bagi siswa laki-laki, untuk siswa perempuannya di
musholah sekolah.
6) Laboratorium
Komputer
SMP Nurul Ikhlas memiliki 1 laboratorium
yang masih dalam proses renovasi, selain untuk komputer rencananya juga
digunakan untuk tempat praktek IPA.
d.
Perabot Kelas :
1) Papan tulis
SMP Nurul Ikhlas memiliki papan tulis 4 yang masing-masing diletakkan di ruang kelas satu sampai dengan kelas 3 dan yang satu diletakkan di kantor guru.
2) Meja dan bangku siswa
Untuk meja dan bangku siswa berjumlah 27 stel yang semuanya dalam kondisi baik.
3) Meja dan bangku guru
Di setiap kelas memiliki satu pasang meja dan bangku guru yang diletakkan di bagian depan kelas.
1) Papan tulis
SMP Nurul Ikhlas memiliki papan tulis 4 yang masing-masing diletakkan di ruang kelas satu sampai dengan kelas 3 dan yang satu diletakkan di kantor guru.
2) Meja dan bangku siswa
Untuk meja dan bangku siswa berjumlah 27 stel yang semuanya dalam kondisi baik.
3) Meja dan bangku guru
Di setiap kelas memiliki satu pasang meja dan bangku guru yang diletakkan di bagian depan kelas.
d. Alat Peraga
1) Foto presiden dan wakil presiden
Semua kelas memiliki foto presiden dan wakil presiden yang diletakkan di atas papan tulis.
2) Gambar burung garuda
Semua ruangan kelas dan kantor guru memiliki gambar Burung Garuda.
4) Globe
SMP Nurul Ikhlas hanya memiliki 1 globe yang disimpan di ruang guru. Bisa diambil sewaktu-waktu apabila ada kelas yang membutuhkan untuk acara pembelajaran.
5) Peta negara Indonesia
Hanya ada 1 peta Indonesia yang di simpan di perpustakaan.
6) Gambar Rangka Manusia
Hanya ada 1
gambar rangka manusia yang disimpan di ruang guru. Gambar ini bisa diambil saat
dibutuhkan.
e. Buku
Buku yang dimiliki oleh SMP Nurul Ikhlas tergolong cukup lengkap, mulai dari buku pegangan, buku pelengkap dan buku sumber. Untuk buku bacaan, SMP Nurul Ikhlas juga menyediakan buku-buku yang sifatnya hiburan seperti majalah anak-anak, buku dongeng dan buku-buku keterampilan.
Buku yang dimiliki oleh SMP Nurul Ikhlas tergolong cukup lengkap, mulai dari buku pegangan, buku pelengkap dan buku sumber. Untuk buku bacaan, SMP Nurul Ikhlas juga menyediakan buku-buku yang sifatnya hiburan seperti majalah anak-anak, buku dongeng dan buku-buku keterampilan.
2.7 Mekanisme Kerja
A.
Tugas
Kepala Sekolah
1. Menyusun rancangan program tahunan yang meliputi:
a. Program semester I, II dan VI (Pra UN)
b. Program Tes UN
2. Pengorganisasian semua aspek yang ada di sekolah
meliputi:
a. Aspek personalia/keterangan
b. Aspek pembelajaran (PMB)
c. Aspek sarana dan prasarana sekolah
d. Aspek lingkungan atau masyarakat
3. Pembagian tugas sesuai dengan kelayakan/kemampuan
yang dimilki personal itu sendiri
4. Mengambil keputusan-keputusan sesuai dengan aspirasi
demokrasi yang sesuai dengan iklim sekolah yang ada pada saat ini
5. Melaksanakan pengontrolan dari semua kegiatan yang
ada di lingkungan sekolah, dari pelaksanaan administrasi ketatausahaan sampai
ke PMB dan lapangan
6. Dari semua aktivitas tadi, diadakan pengevaluasian
dari kelebihan dan kekurangannya
7. Membuat laporan pertanggungjawaban kepada instansi
terkait yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada
8. Membuat laporan khusus keuangan yang ada kaitannya
dengan semua kegiatan yang kaitannya dengan keuangan (Budget).
B.
Tugas
Wakil Kurikulum
1. Membagi tugas guru dan wali kelas
2. Membuat jadwal belajar
3. Mengkoordidnir semua kegiatan yang hubungannya
dengan kurikulum seperti kegiatan semester
4. Memberikan in-out untuk kepala sekolah dalam
kaitannya dengan mengambil keputusan
5. Mengkoordinasikan dengan wali kelas dan guru tentang
persiapan mengajar dan administrasi kelas.
C.
Tugas
Wakil Kesiswaan
1. Menyusun Program Pembinaan Kesiswaan/OSIS
2. Melaksanakan bimbingan, pengarahan, dan pengendalian
kegiatan siswa OSIS dalam rangka menegakkan kedisipinan dan tata tertib sekolah
3. Pengarahan dan pengedaran dalam pemilihan penyusunan
pengurus OSIS
4. Pembinaan Pengurus OSIS dalam berorganisasi, mulai
dari proposal sampai laporan
5. Pembinaan seluruh siswa secara berkala dan
insidental
6. Pemilihan calon penerimaan beasiswa yang berbakat
7. Mengadakan koordinasi kepada Pembina Pramuka,
Olahraga dan lain-lain (Pembina Ekstrakulikuler)
8. Pemantauan setiap kegiatan siswa baik inter, ekstra
maupun kurikuler, seperti :
a. Pertemuan-pertemuan (ke-luar ke-dalam)
b. Kegiatan sosial
c. Rekreasi
d. Peringatan-peringatan hari besar
e. Class Meeting
f. Pelaksanaan apel pagi dan upacara bendera
D.
Tugas
Keuangan
1. Semua sumber keuangan (uang pangkal, SPP, OSIS,
Semester, UAS/UN) yang masuk ke sekolah harus masuk rekening Yayasan yang
ditangani langsung oleh petugas yang ditunjuk oleh Yayasan
2. Penanggungjawaban keuangan semuanya oleh bendahara
yang bertugas langsung di lapangan dengan koordinir operasional (kas kecil),
dipertanggungjawabkan oleh koordinasi bidang keuangan Yayasan
3. Kepala sekolah, petugas keuangan, dan bentuk panitia
lainnya yang berhubungan dengan kegiatan kepala sekolah, maka
mempertanggunjawabkan keuangan berdasarkan proposal yang telah disetujui oleh
Yayasan, bila terjadi hal di luar anggaran, maka dibicarakan dengan Yayasan
secara kekeluargaan
4. Semua proposal yang dianjurkan ke Yayasan dan disetujui
oleh Yayasan, maka keuangan tersebut harus dicairkan sebelum tanggal
pelaksanaannya yang dikelola oleh petugas keuangan sekolah
5. Semua bentuk sumbangan-sumbangan sosial baik dari
Dinas Pendidkan maupun dari organisasi masyarakat maka langsung ditangani oleh
petugas Yayasan
6. Selain jenis
keuangan seperti SPP, uang pembangunan, dan uang OSIS, semua
dipertanggunjawabkan oleh kepala sekolah dan dilaporkan ke Yayasan, bila
terjadi defisit maka perlu dibicarakan dengan Yaysan secara kekeluargaan
7. Semua keuangan yang menunggak pada siswa, maka
tanggunjawab kepala sekolah untuk menagihnya
8. Dispensasi yang diberikan kepada siswa menunggak
masalah keuangan, baik semester atau UN atas kebijaksanaan kepala sekolah.
E.
Tugas
Tata Usaha Sekolah
1.
Penyusunan
program Tata Usaha Sekolah
2.
Meyusun
keuangan sekolah/honor guru dan karyawan
3.
Penyusunan
pegawai
4.
Pembinaan
pengembangan karier Tata Usaha Sekolah
5.
Penyusunan
perlengkapan sekolah
6.
Penyusunan dan
pengajian data/statistik sekolah
7.
Penyusunan
laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala.
F.
Tugas
Wali Kelas
1.
Mengawasi
kebersihan, keindahan dan kerapian kelas
2.
Mengawasi
ketertiban dan pengelolaan kelas
3.
Mengawasi
pemeliharaan alat pelajaran dan kebersihan di kelas
4.
Memantau dan
mengawasi data absensi harian sekaligus dibukukan
5.
Melaksanakan
administrasi kelas, seperti buku absensi, buku data siswa termasuk alamat, buku
rapor dan pribadi, dan sebagainya
6.
Memperhatikan
hal-hal yang perlu ada di kelas seperti jadwal pelajaran, bagian struktur
kelas, atribut kesadaran negara (gambar presiden, wakil presiden, pancasila dan
lainnya) dan lain sebagainya
7.
Membantu
pelaksanaan tugas BK/BP terutama pada siswa yang bermasalah
8.
Membantu
mengawasi pemasukan uang SPP dan lainnya
9.
Member
motivasi dalam memacu prestasi dan pelaksanaan ekstrakurikuler maupun kegiatan
lainnya
10. Mempertanggungjawabkan aktivitas maupun lainnya
kepada wakil kepala sekolah dan kepala sekolah
11. Melaporkan kegiatan-kegiatan yang tidak biasa
masalah yang dapat diselesaikan oleh kepala sekolah
12. Membuat laporan mingguan maupun bulanan
G.
Tugas
Guru
1.
Memberikan
pengajaran dan pendidikan di kelas terhadap siswa dengan baik
2.
Turut
berpartisipasi dalam pemeliharaan lingkungan sekolah dalam bentuk pengawasan
3.
Mengisi daftar
nilai dengan cermat dan penuh tanggunjawab
4.
Memberikan
teguran baik lisan maupun tulisan atau sanksi lain bagi siswa yang melanggar
tata tertib sekolah
5.
Memberikan
contoh prilaku yang baik terhadap siswa
6.
Mengatur
pemberian ijin kepada siswa ketika KBM berlangsung
7.
Memberikan
informasi kepada guru dan wali kelas tentang siswa-siswinya yang kurang aktif
atau bermasalah
BAB
III
PENUTUP
3.1 Simpulan
a. SMP Nurul Ikhlas merupakan sekolah yang dimiliki
oleh Yayasan bersama TK dan TPA di sekitarnya
b. Sistem kurikulum yang dimiliki SMP Nurul Ikhlas sesuai
dengan KTSP yang berlaku dan cukup baik untuk kemajuan siswanya.
c. Kegiatan kesiswaan dimiliki memang belum lengkap
apalagi pelaksanaannya belum maksimal.
d. Keadaan keuangan di SMP Nurul Ikhlas masih ada
kekurangan khususnya pemasukan dari siswanya, itu dikarenakan karena kebanyakan
siswanya berasal dari kalangan bawah
e. Untuk kondisi kepegawaiannya baik, karena seluruh
pegawai yang dimiliki seperti guru/staf pengajar beserta TU dan kebersihan
bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing
f. Sarana dan Prasarana yang dimiliki belum lengkap,
perlu diperbanyak guna menunjang keberhasilan siswanya.
g. Mekanisme kerja yang dilakukan pihak sekolah
cukup baik.
3.2 Saran
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan,
maka perlu dimaksimalkannya kegiatan siswa di SMP Nurul Ikhlas dan pengembangan
saran dan prasarananya serta keuangan yang dimiki SMP ini memang perlu sekali
mendapat asupan dari pemerintah guna meningkatkan pendidikam dan kegiatan
belajar dengan baik.
LAMPIRAN
PROFIL
SEKOLAH
SMP
Nurul Ikhlas
No
|
Identitas Sekolah
|
|
1
|
Nama
Sekolah
|
SMP Nurul Ikhlas
|
2
|
NPSN
|
20603556
|
3
|
NSS
|
202280309013
|
4
|
Provinsi
|
Banten
|
5
|
Otonomi
|
Kota Tangerang Selatan
|
6
|
Kecamatan
|
Pamulang
|
7
|
Kelurahan
|
Kedaung
|
8
|
Jalan
|
Swadaya I
|
9
|
Kode
Pos
|
15415
|
10
|
Telepon
|
021 – 7495167
|
11
|
Status
Sekolah
|
Swasta
|
12
|
Akreditasi
|
B
|
13
|
Tahun
Berdiri
|
1997
|
14
|
Kegiatan
Belajar Mengajar
|
Pagi
|
15
|
Bangunan
Sekolah
|
Milik Sendiri
|
16
|
Luas
Tanah
|
2015 m2
|
17
|
Luas
Bangunan
a.
Gedung A
b.
Gedung B
|
260 m2
157 m2
|
18
|
Lokasi
Sekolah
|
Strategis
|
19
|
Organisasi
Penyelenggaraan
|
yayasan
|
Komentar