contoh laporan observasi administrasi pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
     Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 dijelaskannbahwa:

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis
nsertanbertanggungnjawabn(2005:65-66).

     Oleh karena itu, di dalam sebuah negara sangatlah penting untuk mengembangkan sekolah sebagai tempat pendidika guna mencapai funsu dan tujuan yang telah ditentukan di dalam Undang-undang Dasar.

                 Sekolah Menengah Pertama merupakan sebuah sistem, tepatnya sebuah sistem pendidikan. Sebagai sebuah sistem pendidikan, Sekolah Menengah Pertama memiliki program kegiatan belajar. Pemerintah telah berusaha melakukan pembaharuan pada kurikulum Sekolah Menengah Pertama, pembaharuan ini melahirkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Program kegiatan tersebut harus direalisasikan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Dalam upaya merealisasikan KTSP yang telah dikembangkan oleh Pemerintah dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, maka Sekolah Menengah Pertama harus memiliki administrasi yang baik seperti kurikulum, keuangan, kepegawaian, kesiswaan, sarana dan prasarana Humas, BP/BK, 5K, perpustakaan, dan laboratorium.

1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka dapat dirancang rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana sejarah sekolah yang menjadi objek observasi dalam kegiatan ini?
2. Bagaimana sistem kurikulumnya?
3. Apa saja yang dilaksanakan bidang kesiswaan di sekolah tersebut?
4. Bagaimana keadaan keuangannya?
5. Seperti apakah sistem kepegawaiannya?
       6. Bagaimana keadaan sarana dan prasarana sekolah tersebut?
7. Apa saja menakisme kerja dalam sekolah?

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan laporan ini antara lain:
1.  Menjelaskan sejarah Sekolah Menengah Pertama yang menjadi objek pengobservasian dalam kegiatan ini
2. Menjelaskan sistem administrasi yang berada di sekolah tersebut seperti kurikulum, kesiseaan, keuangan, kepegawaian dan sarana dan prasarana
     3. menjelaskan bagaiman mekanisme kerja sekolah































BAB II
HASIL OBSERVASI

2.1  Profil Sekolah
          Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Ikhlas merupakan sekolah yang didirikan oleh Yayasan Nurul IKhlas Kedaung Pamulang Tangerang Selatan pada tahun 1997. Selain SMP, yayasan tersebut juga mendirikan TK dan TPA. Hal ini dilakukan memang adanya rasa keperhatian para pendiri yayasan terhadap pendidikan di Indonesia khususnya di wilayah tersebut.
       Adapun profil sekolah SMP Nurul Ikhlas adalah sebagai berikut:
a. Nama Sekolah : SMP Nurul Ikhlas
b. Alamat : Jalan Swadaya I Kedaung Pamulanh Tangerang Selatan
c. NSS : 20603556
d. NPSN : 202280309013
e. Didirikan : Tahun 1997
f. Status Tanah dan: Milik Sendiri
Bangunan
g. Luas Tanah : 2015  m
h. Akreditasi : B
i. Telp : 021 - 7495167
Kelas-kelas di SMP Nurul Ikhlas ada tiga kelas untuk kelas VII, VIII dan IX.


2.2  Kurikulum
          Sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini di Indonesia menegenai kurikulum yang dipakai adalah KTSP, kurikulum ini juga dijadikan bahan ajar di SMP Nurul Ikhlas. Kurikulum sekolah membagi waktu belajar menjadi dua dan tiga bagian waktu yang masing-masing disebut semester satu dan semester dua. Jumalah hari belajar dalam saru tahun adalah 240 hari, termasuk didalamnya waktu bagi penyelenggaraan penilaian kegiatan kemajuan dan hasil belajar siswa. Jumalah hari belajar efektif dalam satu tahun ajaran sekurang-kurangnya 204 hari, 1 jam pelajaran lamanya 40 menit. Jumlah mata pelajaran yang wajib ada 10 beserta 2 mata pelajaran Muatan Lokal (MULOK). Selain itu, eterdapat kegiatan pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler yang juga dimasukkan dalam daftar kurukulum sekolah SMP Nurul Ikhlas. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran mata pelajaran di SMP Nurul IKhlas :
a.       Pendidikan Agama Islam
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
c.       Bahasa Indonesia
d.      Bahasa Inggris
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
g.      Seni Budaya
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
i.        Teknologi Informasi dan Komunikasi
j.        BTQ (Baca Tulis Qur’an) - MULOK
k.      BP (Budi Pekerti) – MULOK
l.        Futsal, Voly, Tenis Meja (Pengembangan Diri - Pilihan)
m.    Pramuka (Ekstrakurikuler)
Dalam mengembangkan nilai IMTAQ yang menjadi visi dan misi SMP ini, kurikulum juga memasukkan kegiatan rohani islam seperti shalat dhuha, tahlilan dan yasinan sebagai ciri khas dari SMP Nurul Ikhlas yang dibina oleh kesiswaan.

URAIAN KEGIATAN KURIKULUM
SMP Nurul Ikhlas Tahun Pelajaran 2012/2013
No
Jenis Kegiatan
Waktu
I
Semester Ganjil
a.       Awal KBM
b.      MOS
c.       Liburan awal puasa
d.      Pesantren kilat
e.       Buka puasa bersama
f.       Libur sekitar Idul Fitri
g.      Mid semester ganjil
h.      LDK
i.        Ulangan semester ganjil
j.        Pembagian rapor
k.      Liburan semester ganjil
l.        Masuk belajar

16 Juli 2012
16 - 17 Juli 2012
20 - 25 Juli 2012
9 - 10 Agustus 2012
11 Agustus 2012
13 - 25 Agustus 2012
15 - 20 Oktober 2012
27 Oktober 2012
10 - 15 Desember 2012
22 Desember 2012
26 Desember 2012
7 Januari 2013
2
Semester Genap
a.       Mid semester kelas VII – IX
b.      Pembagian rapor mid semester
c.       Try Out dan Ujian praktek kelas IX
d.      Ujian Nasional/Ujian Sekolah
e.       UN/US susulan
f.       Pengumuman kelulusan
g.      Pembagian STTB/SKHUN
h.      Ulangan semester kelas VII dan VIII
i.        Pembagian Rapor kenaikan kelas
j.        Libur semester genap
k.      Permulaan tahun ajaran 2013/2014

25 Maret 2013
Maret 2013
Maret 2013

April – Mei 2013
April – Mei 2013
Juni 2013
Juni 2013
10 Juni – 15 Juni 2013

22 Juni 2013
24 Juni – 13 Juli 2013
15 Juli 2013
  
2.3  Kesiswaan
          Siswa yang belajar di SMP Nurul Ikhlas pada umumnya dari masyarakat bawah, yang berlokasi di sekitar Ciputat, Kedaung dan Pamulang.
       Adapun jumlah siswanya pada tahun ini adalah sebagai berikut :
a.       kelas VII bejumlah 6 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 1 perempuan
b.      kelasVIII berjumalah 12 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan
c.       kelas IX berjumlah  9 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 1 perempuan

     Kegiatan-kegiatan siswa yang rutin dilaksanakan di SMP Nurul Ikhlas antara lain:
a.       OSIS
b.      Pramuka
c.       Sabtu Bersih
d.      Olahraga (Futsal, Voly, dan Tenis Meja)
e.       Rohani Islam (Shalat Dhuha, Shalat Zuhur berjamaah, Yasinan dan Tahlilan)

2.4  Keuangan
          Semenjak tahun ajaran 2012/2013 pengelolaan keuangan ditangani oleh Yayasan Nurul Ikhlas seperti masuknya anggaran bantuan dari pemerintah (BOP, BOS, BSM dan lainnya) maupun dari donator-donatur. Hal ini dikarenakan Yayasan menginginkan adanya keterbukaan dan transparansi pihak sekolah kepada Yaysan agar tidak terjadinya kecurigaan Tetapi untuk pemasukan keuangan lainnya yang berasal dari siswa seperi SPP, uang daftar ulang, uang bangunan, maupun uang OSIS dikelola oleh bendahara sekolah. Untuk kepala sekolah sendiri tetap mengetahui secara rinci mengenai keuangan setiap harinya.
       Adapun untuk lebih jelasnya mengenai pemasukan keuangan adalah sebagai berikut :
a.       PSB dan Pendaftaran
b.      SPP
c.       Uang Ekskul
d.      Uang OSIS
e.       BOS
f.       BSM
g.      Redip
h.      Donator- donator masyarakat


2.5  Kepegawaian
          Guru/staf pengajar SMP Nurul Ikhlas sudah layak mengajar, jumlah guru pada tahun pelajaran 2012/2013 adalah 13 guru dan 2 pegawai TU dan kebersihan. Untuk guru-gurunya hampir 90% sudah lulus sarjana strata 1, sisanya masih dalam proses menyelesaikan kuliah sarjana di beberapa universitas di sekitar daerah Ciputat. Jadi, secara keseluruhan jumlah pegawai di SMP Nurul Ikhlas adalah 15 orang.
         
2.6  Sarana dan Prasarana
          Sarana dan Prasarana yang ada di SMP Nurul Ikhlas antara lain :
a. Lahan
SMP Nurul IKhlas  dibangun di atas lahan seluas 20015 m dengan rincian :
Lahan terbangun seluas 417 m
   1. Gedung A 260 m
          2) Gedung B 157 m
b. Bangunan :
1) Ruang kelas
Terdiri dari 3 ruangan dan kondisi setiap ruang kelas juga sangat baik. Setiap ruangan terdiri dari18 kursi dan 10 meja. Selain itu di setiap kelas juga terdapat meja dan kursi guru. Dalam ruang kelas tersebut terdapat juga papan tulis, jadwal pelajaran dan alat-alat kebersihan.
2) Perpustakaan
Perpustakaan yang dimiliki oleh SMP Nurul IKhlas ini masih dalam tahap perenovasian. Buku-buku yang ada masih disimpan diruang kantor dewan guru. Buku-buku rencananya akan dipindahkan setelah selesai pengrenovasian selesai.
3) Kantor guru
Kantor guru terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang dewan guru, dan ruang tamu. Dalam ruang tersebut terdapat lemari untuk menyimpan piala dan arsip-arsip pengadministrasian SMP Nurul Ikhlas.
4) Kamar mandi dan tempat wudhu
Kamar mandi ada 3 kamar mandi siswa dan 1 guru serta sangat bersih, karena setiap selesai istirahat dan sebelum pulang langsung dibersihkan oleh petugas. Di depan kamar mandi itu terdapat tempat untuk berwudhu.
5) Musholah
       SMP Nurul Ikhlas memiliki 1 musholah sendiri, biasanya musholah ini dipakai untuk sholat zuhur dan dhuha serta yasinan pada hari-hari tertentu. Tapi untuk sholat zhuhur berjamaah, sekolah mengadakannya di Masjid yang letaknya berdekatan dengan sekolah. Hal itu diwajibkan bagi siswa laki-laki, untuk siswa perempuannya di musholah sekolah.
       6) Laboratorium Komputer
       SMP Nurul Ikhlas memiliki 1 laboratorium yang masih dalam proses renovasi, selain untuk komputer rencananya juga digunakan untuk tempat praktek IPA.

d.      Perabot Kelas :
1) Papan tulis
SMP Nurul Ikhlas memiliki papan tulis 4 yang masing-masing diletakkan di ruang kelas satu sampai dengan kelas 3 dan yang satu diletakkan di kantor guru.
2) Meja dan bangku siswa
Untuk meja dan bangku siswa berjumlah 27 stel yang semuanya dalam kondisi baik.
3) Meja dan bangku guru
Di setiap kelas memiliki satu pasang meja dan bangku guru yang diletakkan di bagian depan kelas.

d. Alat Peraga
1) Foto presiden dan wakil presiden
Semua kelas memiliki foto presiden dan wakil presiden yang diletakkan di atas papan tulis.
2) Gambar burung garuda
Semua ruangan kelas dan kantor guru memiliki gambar Burung Garuda.
4) Globe
SMP Nurul Ikhlas  hanya memiliki 1 globe yang disimpan di ruang guru. Bisa diambil sewaktu-waktu apabila ada kelas yang membutuhkan untuk acara pembelajaran.
5) Peta negara Indonesia
Hanya ada 1 peta Indonesia yang di simpan di perpustakaan.
6) Gambar Rangka Manusia
Hanya ada 1 gambar rangka manusia yang disimpan di ruang guru. Gambar ini bisa diambil saat dibutuhkan.

e. Buku
Buku yang dimiliki oleh SMP Nurul Ikhlas tergolong cukup lengkap, mulai dari buku pegangan, buku pelengkap dan buku sumber. Untuk buku bacaan, SMP Nurul Ikhlas  juga menyediakan buku-buku yang sifatnya hiburan seperti majalah anak-anak, buku dongeng dan buku-buku keterampilan.

2.7  Mekanisme Kerja
A.    Tugas Kepala Sekolah
1.      Menyusun rancangan program tahunan yang meliputi:
a.       Program semester I, II dan VI (Pra UN)
b.      Program Tes UN
2.      Pengorganisasian semua aspek yang ada di sekolah meliputi:
a.       Aspek personalia/keterangan
b.      Aspek pembelajaran (PMB)
c.       Aspek sarana dan prasarana sekolah
d.      Aspek lingkungan atau masyarakat
3.      Pembagian tugas sesuai dengan kelayakan/kemampuan yang dimilki personal itu sendiri
4.      Mengambil keputusan-keputusan sesuai dengan aspirasi demokrasi yang sesuai dengan iklim sekolah yang ada pada saat ini
5.      Melaksanakan pengontrolan dari semua kegiatan yang ada di lingkungan sekolah, dari pelaksanaan administrasi ketatausahaan sampai ke PMB dan lapangan
6.      Dari semua aktivitas tadi, diadakan pengevaluasian dari kelebihan dan kekurangannya
7.      Membuat laporan pertanggungjawaban kepada instansi terkait yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada
8.      Membuat laporan khusus keuangan yang ada kaitannya dengan semua kegiatan yang kaitannya dengan keuangan (Budget).

B.     Tugas Wakil Kurikulum
1.      Membagi tugas guru dan wali kelas
2.      Membuat jadwal belajar
3.      Mengkoordidnir semua kegiatan yang hubungannya dengan kurikulum seperti kegiatan semester
4.      Memberikan in-out untuk kepala sekolah dalam kaitannya dengan mengambil keputusan
5.      Mengkoordinasikan dengan wali kelas dan guru tentang persiapan mengajar dan administrasi kelas.

C.    Tugas Wakil Kesiswaan
1.      Menyusun Program Pembinaan Kesiswaan/OSIS
2.      Melaksanakan bimbingan, pengarahan, dan pengendalian kegiatan siswa OSIS dalam rangka menegakkan kedisipinan dan tata tertib sekolah
3.      Pengarahan dan pengedaran dalam pemilihan penyusunan pengurus OSIS
4.      Pembinaan Pengurus OSIS dalam berorganisasi, mulai dari proposal sampai laporan
5.      Pembinaan seluruh siswa secara berkala dan insidental
6.      Pemilihan calon penerimaan beasiswa yang berbakat
7.      Mengadakan koordinasi kepada Pembina Pramuka, Olahraga dan lain-lain (Pembina Ekstrakulikuler)
8.      Pemantauan setiap kegiatan siswa baik inter, ekstra maupun kurikuler, seperti :
a.       Pertemuan-pertemuan (ke-luar ke-dalam)
b.      Kegiatan sosial
c.       Rekreasi
d.      Peringatan-peringatan hari besar
e.       Class Meeting
f.       Pelaksanaan apel pagi dan upacara bendera



D.    Tugas Keuangan
1.      Semua sumber keuangan (uang pangkal, SPP, OSIS, Semester, UAS/UN) yang masuk ke sekolah harus masuk rekening Yayasan yang ditangani langsung oleh petugas yang ditunjuk oleh Yayasan
2.      Penanggungjawaban keuangan semuanya oleh bendahara yang bertugas langsung di lapangan dengan koordinir operasional (kas kecil), dipertanggungjawabkan oleh koordinasi bidang keuangan Yayasan
3.      Kepala sekolah, petugas keuangan, dan bentuk panitia lainnya yang berhubungan dengan kegiatan kepala sekolah, maka mempertanggunjawabkan keuangan berdasarkan proposal yang telah disetujui oleh Yayasan, bila terjadi hal di luar anggaran, maka dibicarakan dengan Yayasan secara kekeluargaan
4.      Semua proposal yang dianjurkan ke Yayasan dan disetujui oleh Yayasan, maka keuangan tersebut harus dicairkan sebelum tanggal pelaksanaannya yang dikelola oleh petugas keuangan sekolah
5.      Semua bentuk sumbangan-sumbangan sosial baik dari Dinas Pendidkan maupun dari organisasi masyarakat maka langsung ditangani oleh petugas Yayasan
6.       Selain jenis keuangan seperti SPP, uang pembangunan, dan uang OSIS, semua dipertanggunjawabkan oleh kepala sekolah dan dilaporkan ke Yayasan, bila terjadi defisit maka perlu dibicarakan dengan Yaysan secara kekeluargaan
7.      Semua keuangan yang menunggak pada siswa, maka tanggunjawab kepala sekolah untuk menagihnya
8.      Dispensasi yang diberikan kepada siswa menunggak masalah keuangan, baik semester atau UN atas kebijaksanaan kepala sekolah.

E.     Tugas Tata Usaha Sekolah
1.      Penyusunan program Tata Usaha Sekolah
2.      Meyusun keuangan sekolah/honor guru dan karyawan
3.      Penyusunan pegawai
4.      Pembinaan pengembangan karier Tata Usaha Sekolah
5.      Penyusunan perlengkapan sekolah
6.      Penyusunan dan pengajian data/statistik sekolah
7.      Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala.

 
F.     Tugas Wali Kelas
1.      Mengawasi kebersihan, keindahan dan kerapian kelas
2.      Mengawasi ketertiban dan pengelolaan kelas
3.      Mengawasi pemeliharaan alat pelajaran dan kebersihan di kelas
4.      Memantau dan mengawasi data absensi harian sekaligus dibukukan
5.      Melaksanakan administrasi kelas, seperti buku absensi, buku data siswa termasuk alamat, buku rapor dan pribadi, dan sebagainya
6.      Memperhatikan hal-hal yang perlu ada di kelas seperti jadwal pelajaran, bagian struktur kelas, atribut kesadaran negara (gambar presiden, wakil presiden, pancasila dan lainnya) dan lain sebagainya
7.      Membantu pelaksanaan tugas BK/BP terutama pada siswa yang bermasalah
8.      Membantu mengawasi pemasukan uang SPP dan lainnya
9.      Member motivasi dalam memacu prestasi dan pelaksanaan ekstrakurikuler maupun kegiatan lainnya
10.  Mempertanggungjawabkan aktivitas maupun lainnya kepada wakil kepala sekolah dan kepala sekolah
11.  Melaporkan kegiatan-kegiatan yang tidak biasa masalah yang dapat diselesaikan oleh kepala sekolah
12.  Membuat laporan mingguan maupun bulanan
 
G.    Tugas Guru
1.      Memberikan pengajaran dan pendidikan di kelas terhadap siswa dengan baik
2.      Turut berpartisipasi dalam pemeliharaan lingkungan sekolah dalam bentuk pengawasan
3.      Mengisi daftar nilai dengan cermat dan penuh tanggunjawab
4.      Memberikan teguran baik lisan maupun tulisan atau sanksi lain bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah
5.      Memberikan contoh prilaku yang baik terhadap siswa
6.      Mengatur pemberian ijin kepada siswa ketika KBM berlangsung
7.      Memberikan informasi kepada guru dan wali kelas tentang siswa-siswinya yang kurang aktif atau bermasalah






BAB III
PENUTUP

3.1  Simpulan
a. SMP Nurul Ikhlas merupakan sekolah yang dimiliki oleh Yayasan bersama TK dan TPA di sekitarnya
b. Sistem kurikulum yang dimiliki SMP Nurul Ikhlas sesuai dengan KTSP yang berlaku dan cukup baik untuk kemajuan siswanya.
c. Kegiatan kesiswaan dimiliki memang belum lengkap apalagi pelaksanaannya belum maksimal.
d. Keadaan keuangan di SMP Nurul Ikhlas masih ada kekurangan khususnya pemasukan dari siswanya, itu dikarenakan karena kebanyakan siswanya berasal dari kalangan bawah
e. Untuk kondisi kepegawaiannya baik, karena seluruh pegawai yang dimiliki seperti guru/staf pengajar beserta TU dan kebersihan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing
f. Sarana dan Prasarana yang dimiliki belum lengkap, perlu diperbanyak guna menunjang keberhasilan siswanya.
g. Mekanisme kerja yang dilakukan pihak sekolah cukup baik.
3.2  Saran
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan, maka perlu dimaksimalkannya kegiatan siswa di SMP Nurul Ikhlas dan pengembangan saran dan prasarananya serta keuangan yang dimiki SMP ini memang perlu sekali mendapat asupan dari pemerintah guna meningkatkan pendidikam dan kegiatan belajar dengan baik.





LAMPIRAN

PROFIL SEKOLAH
SMP Nurul Ikhlas

No
Identitas Sekolah
1
Nama Sekolah
SMP Nurul Ikhlas
2
NPSN
20603556
3
NSS
202280309013
4
Provinsi
Banten
5
Otonomi
Kota Tangerang Selatan
6
Kecamatan
Pamulang
7
Kelurahan
Kedaung
8
Jalan
Swadaya I
9
Kode Pos
15415
10
Telepon
021 – 7495167
11
Status Sekolah
Swasta
12
Akreditasi
B
13
Tahun Berdiri
1997
14
Kegiatan Belajar Mengajar
Pagi
15
Bangunan Sekolah
Milik Sendiri
16
Luas Tanah
2015 m2
17
Luas Bangunan
a.       Gedung A
b.      Gedung B

260 m2
157 m2
18
Lokasi Sekolah
Strategis
19
Organisasi Penyelenggaraan
yayasan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

analisis raumanen

ABOUT SUPER JUNIOR (picture;photos) :)