RPP bahasa Indonesia SMP



RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMP/MTs
Kelas/semester     : IX/2
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
  Topik                              : Penceritaan Tokoh
Idola
Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan

A.     Kompetensi Inti
-         Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon.

B.     Kompetensi Dasar
-         Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keuggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
-         Memahami identitas tokoh idola
-         Memahami keunggulan tokoh idola dengan baik
-         Menceritakan tokoh idola dengan kata yang sesuai dengan usia siswa.

D.    Tujuan Pembelajaran
-         Siswa dapat memahami identitas dengan baik
-         Siswa dapat memahami keunggulan tokoh idola
-         Siswa dapat menceritakan tokoh idola dengan kata yang sesuai dengan usia siswa.

E.     Materi Pembelajaran
-         Penceritaan tokoh idola

F.      Alokasi waktu
2 x 40 Menit

G.    Metode Pembelajaran
Tanya jawab, inkuiri, demonstrasi, diskusi kelompok, kuis dan penugasan

H.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Untuk membangkitkan fokus siswa, guru memberikan ice breaking
3.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran
4.      Guru mereview sekilas materi sebelumnya
5.      Guru menanyakan kesiapan siswa mengenai materi yang akan diajarkan (Guru sebelumnya sudah memberitahu siswa untuk mempelajari materi tentang tokoh idola)
6.      Siswa menerima informasi mengenai tujuan dan pembahasan sekilas dari pembelajaran tersebut
20 Menit
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
1.        Guru menampilkan tokoh-tokoh idola yang diketahui secara umum dalam power point.
2.        Siswa menanggapi tampilan tersebut dengan menyebutkan satu per satu tokoh yang ditampilkan.


Elaborasi
3.        Guru meminta satu orang siswa untuk menceritakan tokoh idola dari salah satu gambar yang ditampilkan dalam power point dengan menjelaskan hal-hal yang perlu diungkapkan siswa mengenai tokoh idola.
4.        Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi gaya penceritaan siswa yang mendapatkan tugas bercerita tersebut.
5.        Guru mengapresiasi siswa yang memberikan tanggapan dan yang mendapatkan tugas untuk bercerita di depan.
6.        Guru mengadakan kuis yang masih berkaitan dengan gambar-gambar yang sudah ditampilkan (metode seperti ‘kocokan’)
7.        Siswa yang terpilih maju ke depan untuk menjawab dari deskripsi yang disampaikan guru mengenai tokoh idola yang sebelumnya ditampilkan
8.        Guru memberi kesempatan siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang mungkin tidak bisa dijawab oleh siswa yang terpilih itu
9.        Siswa menerima poin tambahan bagi yang bisa menjawab deskripsi pertanyaan guru.



Konfirmasi
10.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai tokoh idola
11.  Siswa mendengarkan jawaban guru atas pertanyaan yang mereka ajukan
12.  Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi tentang penceritaan tokoh idola
13.  Guru mengkonfirmasi pendapat siswa mengenai kesimpulan materi.

45 menit
PENUTUP
1.      Guru menginformasikan siswa tentang tugas yang berkaitan dengan tokoh idola
2.      Siswa menyimak informasi mengenai pembelajaran selanjutnya
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan hamdalah dan salam.
15 Menit

I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan

2.
Kritis
3.
Responsif
4.
Komunikatif
5.
Santun
6.
Pelafalan
7.
Intonasi
8.
Jujur
9.
Percaya Diri
10.
Mandiri





b.    Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami identitas tokoh idola

Tes tertulis
Tes uraian
1.      Bacalah dengan saksama teks tokoh idola berikut! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Memahami keunggulan tokoh idola dengan baik

Tes tertulis

Tes uraian


2.      Identifikasikanlah dan jelaskan keunggulan dari tokoh tersebut!
Menceritakan tokoh idola dengan kata yang sesuai
Tes tertulis

Tes uraian


3.      Ceritakanlah tokoh idola yang kamu sukai dengan kalimat yang tepat!

J.      Sumber Belajar
-         LKS Wajar
-         Anindriyani, Atikah dkk. Bahasa Indonesia: Untuk SMP/MTS kelas VII. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
-         Internet (unduhan gambar). 


Jakarta, 6 November 2013
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Wilda Fizriyani


Lampiran
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran  :..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran     :....................................................................................................
Waktu Pengamatan: ............................................................................................
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.       BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.       MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.       MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.       MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Kritis
Responsif
Komunikatif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

analisis raumanen

contoh laporan observasi administrasi pendidikan

ABOUT SUPER JUNIOR (picture;photos) :)