RPP bahasa Indonesia SMP
RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Kelas/semester : IX/2
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Penceritaan Tokoh
Idola
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan
A. Kompetensi Inti
-
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon.
B. Kompetensi Dasar
-
Menceritakan tokoh idola dengan
mengemukakan identitas tokoh, keuggulan, dan alasan mengidolakannya dengan
pilihan kata yang sesuai.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
-
Memahami identitas tokoh idola
-
Memahami keunggulan tokoh idola dengan
baik
-
Menceritakan tokoh idola dengan kata
yang sesuai dengan usia siswa.
D. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat memahami identitas dengan
baik
-
Siswa dapat memahami keunggulan tokoh
idola
-
Siswa dapat menceritakan tokoh idola
dengan kata yang sesuai dengan usia siswa.
E. Materi Pembelajaran
-
Penceritaan tokoh idola
F. Alokasi waktu
2 x 40 Menit
G. Metode Pembelajaran
Tanya
jawab, inkuiri, demonstrasi, diskusi kelompok, kuis dan penugasan
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Untuk membangkitkan fokus siswa, guru memberikan ice breaking
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran
4.
Guru mereview
sekilas materi sebelumnya
5.
Guru menanyakan kesiapan siswa mengenai materi
yang akan diajarkan (Guru sebelumnya sudah memberitahu siswa untuk
mempelajari materi tentang tokoh idola)
6.
Siswa menerima informasi mengenai tujuan dan
pembahasan sekilas dari pembelajaran tersebut
|
20 Menit
|
KEGIATAN
INTI
|
Eksplorasi
1.
Guru menampilkan tokoh-tokoh idola yang diketahui
secara umum dalam power point.
2.
Siswa menanggapi tampilan tersebut dengan
menyebutkan satu per satu tokoh yang ditampilkan.
Elaborasi
3.
Guru meminta satu orang siswa untuk menceritakan
tokoh idola dari salah satu gambar yang ditampilkan dalam power point dengan menjelaskan hal-hal
yang perlu diungkapkan siswa mengenai tokoh idola.
4.
Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi gaya
penceritaan siswa yang mendapatkan tugas bercerita tersebut.
5.
Guru mengapresiasi siswa yang memberikan tanggapan
dan yang mendapatkan tugas untuk bercerita di depan.
6.
Guru mengadakan kuis yang masih berkaitan dengan
gambar-gambar yang sudah ditampilkan (metode seperti ‘kocokan’)
7.
Siswa yang terpilih maju ke depan untuk menjawab
dari deskripsi yang disampaikan guru mengenai tokoh idola yang sebelumnya
ditampilkan
8.
Guru memberi kesempatan siswa lain untuk menjawab
pertanyaan yang mungkin tidak bisa dijawab oleh siswa yang terpilih itu
9.
Siswa menerima poin tambahan bagi yang bisa
menjawab deskripsi pertanyaan guru.
Konfirmasi
10. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai tokoh idola
11. Siswa
mendengarkan jawaban guru atas pertanyaan yang mereka ajukan
12. Guru meminta
siswa untuk menyimpulkan materi tentang penceritaan tokoh idola
13. Guru
mengkonfirmasi pendapat siswa mengenai kesimpulan materi.
|
45 menit
|
PENUTUP
|
1.
Guru menginformasikan siswa tentang tugas yang
berkaitan dengan tokoh idola
2.
Siswa menyimak informasi mengenai pembelajaran
selanjutnya
3.
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan hamdalah dan salam.
|
15 Menit
|
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Penilaian
Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Kritis
|
||||
3.
|
Responsif
|
||||
4.
|
Komunikatif
|
||||
5.
|
Santun
|
||||
6.
|
Pelafalan
|
||||
7.
|
Intonasi
|
||||
8.
|
Jujur
|
||||
9.
|
Percaya Diri
|
||||
10.
|
Mandiri
|
b. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Memahami identitas
tokoh idola
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Bacalah dengan
saksama teks
tokoh idola berikut! Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini!
|
Memahami keunggulan
tokoh idola dengan baik
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2.
Identifikasikanlah
dan jelaskan keunggulan dari tokoh tersebut!
|
Menceritakan tokoh idola dengan kata yang sesuai
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
3.
Ceritakanlah
tokoh idola yang kamu sukai dengan kalimat yang tepat!
|
J. Sumber Belajar
-
LKS Wajar
-
Anindriyani, Atikah dkk. Bahasa Indonesia: Untuk SMP/MTS kelas VII. Jakarta:
Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
-
Internet (unduhan gambar).
Jakarta,
6 November 2013
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Wilda
Fizriyani
Lampiran
Lembar
Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan:
............................................................................................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab,
dan santun.
1.
BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan
ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Kritis
|
Responsif
|
Komunikatif
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar